Yahoo! adalah nama yang paling dikenang pada era awal, yaitu saat internet mulai punya banyak penggemar. Platform-platform Yahoo!, mesin pencari, email dan belakangan muncul platform chatting, merupakan produk-produk penting yang wajib digunakan saat berinternet dan Yahoo! menjadi sumber inspirasi bagi calon startup yang akan menggantikan kejayaannya. Saat itu rasanya tidak mungkin ada ‘the next Yahoo!’, Yahoo! tidak akan tertandingi, apalagi hilang dari jagad internet.

 

Mulai sejak bulan ramadhan hingga menuju lebaran, masyarakat Indonesia akan menjadi lebih konsumtif. Pada awal bulan puasa, Trend belanja yang paling mengalami lonjakan adalah makanan dan minuman. Sementara saat mendekati lebaran, selain makanan dan minuman, belanja kebutuhan fashion lah yang ikut mengalami peningkatan.

 

Hasil studi Polling Indonesia dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2018, mengatakan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 64,8%. 171,17 juta dari 264,16 juta jiwa total penduduk Indonesia. Dibandingkan dengan tahun 2017, pengguna internet di Indonesia bertambah 27,92 juta orang atau tumbuh 10,12%.

 

Sharing Economy adalah Kegiatan ekonomi yang dilakukan para startup dengan memanfaatkan sumber-sumber menganggur, yang belum terpakai secara ekonomis atau belum terkelola secara maksimal untuk saling bekerjasama.

 

Secara sederhana ‘online’ artinya terhubung dengan internet. Istilah ‘online’ semakin populer dan seolah telah menjadi milik dunia internet karena pesatnya perkembangan teknologi internet, apalagi saat ini bukan hanya perangkat komputer yang mampu terhubung dengan internet, berbagai perangkat elektronik lain juga telah dapat melakukannya.

 

Masih tepatkah penyebutan negara agraris pada Indonesia saat kita justru lebih sering mengimport kebutuhan agraris untuk masyarakat dari negara agraris ini? Tingginya harga produk agraris domestik bahkan membuat kita tidak mampu bersaing dengan produk agraris pasar global seperti Thailand, Vietnam, Cina, India, Australia, dan sebagainya.

 

Jika peta persaingan dunia e-commerce global dikerucutkan, maka yang berada pada posisi paling atas akan dihuni oleh Alibaba dan Amazon. Walaupun keduanya bersaing di perang e-commerce global, sebenarnya keduanya memiliki area medan tempur (pasar) yang berbeda, walaupun ada beberapa tempat, dimana mereka harus bertempur berhadap-hadapan.

Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, seharusnya fintech syariah kita mempunyai potensi besar untuk memimpin pasar di tanah air bahkan melakukan ekspansi ke negara-negara muslim lainnya. Sayangnya selain rendahnya kesadaran penduduk muslim Indonesia untuk menerapkan ekonomi syariah dalam kehidupannya, kelincahan penyelenggara fintech syariah tidak seagresif fintech umum dalam melakukan penetrasi pasar. Diperlukan edukasi ekonomi syariah yang lebih intens, terutama untuk generasi muslim millenial dan tentu saja fitur-fitur dan keuntungan ekonomi yang tidak kalah dengan fintech biasa.  

 

Saking pentingnya logistik, membuat para startup e-commerce mulai banyak yang membangun kebutuhan logistiknya sendiri. Selain ingin juga mencicipi keuntungan dari sektor logistik, para startup e-commerce ingin mengatasi sendiri permasalahan logistik dari pihak ketiga yang sering menghambat kemajuan sektor e-commerce, yaitu masalah biaya dan masalah kecepatan waktu.

 

Menurut studi terbaru ACCENTURE, diprediksi bahwa akan ada pergeseran dari E-commerce menuju Digital Commerce. Yaitu kombinasi dari saluran-omni, pemanfaatan media sosial dan teknologi baru lainnya yang saling terintegrasi

 

Mentri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan akan menyederhanakan perizinan di bidang telekomunikasi dan internet. Yang sebelumnya terdapat 36 peraturan akan disederhanakan menjadi 5 peraturan, jika sebelumnya harus mengantongi banyak izin seperti internet dan sebagainya, kini gelondongan saja, ujarnya.

 

Jika bicara teknologi untuk sektor keuangan, sebenarnya lembaga keuangan konvensional juga menggunakan teknologi yang bahkan lebih mumpuni. Jadi, saat bicara tentang Fintech, sebenarnya kita bukan sedang membahas tentang kecanggihan sebuah teknologi. Keunggulan dari Fintech adalah kemudahan masyarakat untuk memperoleh akses jasa keuangan dimana tidak banyak dipagari oleh hal-hal birokratis yang menjadi ciri khas lembaga keuangan konvensional.

 

Dalam dunia ecommerce, setiap startup membuat inovasi baru pasti akan selalu berbenturan dengan pemain bisnis yang telah mapan. Ini terjadi memang pasti akan selalu terjadi karena inovasi dari para startup adalah memang merupakan jawaban dari kelemahan atau tuntutan-tuntutan baru yang tidak dapat dipenuhi oleh pemain-pemain yang telah lama menikmati safety zone (zona nyaman). Apalagi jika inovasi dari para startup tersebut memiliki pola bisnis 'Sharing Economy', yang mampu memangkas masalah permodalan dan mendahului regulasi yang belum ada.

Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Menyusuri Waktu 

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Dua Sisi 2040