Bab 4. Merancang Bisnis Online

2. Jenis Bisnis Online

 

Bicara tentang dunia bisnis, baik bisnis konvensional maupun bisnis online tentunya cakupannya sangat luas. Kita akan membahas beberapa bidang bisnis online terpenting yang paling sering menjadi bahasan umum, yaitu pengembang teknologi internet, e-commerce, fintech, logistik, media, konten, iklan dan digital merketing.

Untuk menjalankan bisnis online, sebaiknya kita mengenali bidang-bidang tersebut karena saling berkaitan, walaupun nantinya kita hanya menjalankan satu bidang saja. Selain itu seringkali terjadi setelah startup sukses di satu bidang, mereka akan melebarkan sayap ke bidang bisnis online lainnya.

Contohnya, Bukalapak, bisnis mereka adalah e-commerce tetapi untuk membuat platform website dan aplikasi seluler tentu saja mereka bersentuhan dengan bidang pengembang teknologi internet, kemudian dalam operasional mereka pasti membutuhkan layanan jasa keuangan yaitu fintech, untuk pengiriman mereka membutuhkan jasa layanan logistik, untuk brand awareness dan menjalin komunikasi dengan konsumen mereka membutuhkan media, konten dan digital marketing.

Pengetahuan lengkap tentang dunia bisnis online juga berguna untuk pengembangan bisnis. Gojek pada awalnya adalah perusahaan marketplace ride-hailing. Seiring dengan perkembangannya yang pesat kini Gojek telah memiliki layanan fintech dengan GoPay, layanan logistik dengan GoSend dan GoBox dan layanan media dengan GoPlay.

 

 

Bidang bisnis online mana yang ingin anda masuki?

  • Jika anda ingin mengembangkan inovasi teknologi internet seperti Google, Facebook, Instagram, Mobile Legend dan sebagainya, berarti pilihan bisnis onlinenya adalah bidang pengembang teknologi internet.
  • Jika anda ingin memfasilitasi para pedagang seperti Tokopedia dan Bukalapak, atau memfasilitasi para pelaku jasa seperti Gojek, atau memfasilitasi para pemilik aset seperti Airbnb, atau menjual barang sendiri seperti Zalora dan Hijup, berarti pilihan bisnis onlinenya adalah bidang e-commerce.
  • Jika anda ingin bergerak di bidang jasa keuangan online seperti GoPay dan Pay Tren, berarti pilihan bisnis onlinenya adalah bidang fintech.
  • Jika anda ingin bergerak di bidang jasa penyimpanan dan pengantaran barang belanja online seperti JNE, GoSend dan Deliveree, berarti pilihan bisnis onlinenya adalah bidang logistik.
  • Jika anda ingin memberikan informasi atau hiburan online berbentuk portal seperti Alodokter dan Kapanlagi, atau berbentuk Youtube Channel seperti Asumsi dan Tim2One berarti pilihan bisnis onlinenya adalah bidang media dan konten.
  • Jika anda ingin menawari jasa periklanan online seperti Google Ads dan Criteo, berarti pilihan bisnis onlinenya adalah bidang periklanan.
  • Jika anda ingin menawari jasa pemasaran online seperti Dgtraffic dan Bigevo, berarti pilihan bisnis onlinenya adalah digital marketing.

Dalam bab-bab selanjutnya kita akan membahas satu-persatu bidang-bidang bisnis online tersebut dengan lebih lengkap.

 

Buku Bisnis Online - Ecommerce | Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis (penulis, Indra Wibawa)

Trendingbisnis.com - Informasi Bisnis Online


Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Menyusuri Waktu 

Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Dua Sisi 2040 

Media Islam Inspiratif

Sajadalife.com