Banyak orang yang memiliki hobi menulis mulai dari sekelumit halaman artikel hingga setebal halaman buku, sayangnya pada saat era keemasan media cetak, tidak semua orang yang hobi menulis mudah untuk mempublikasikan tulisannya, yaitu dimuat media cetak atau diterbitkan dalam bentuk buku. Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena kualitas tulisan, kesalahan teknis penulisan atau karena dianggap tidak punya nilai jual di pasar.

Saat memasuki era digital, keinginan penulis agar karya tulisnya dapat dibaca oleh banyak orang dapat menjadi kenyataan, kehadiran platform blog baik berbayar maupun gratisan membuat siapapun dapat menulis apa saja yang dia mau dan dapat dilihat siapa saja yang terhubung dengan internet.

Satu masalah sudah selesai, tetapi setelah itu ternyata blog kita adalah cuma salah satu diantara jutaan blog di lautan internet yang bahkan mungkin tidak terdeteksi oleh mesin pencari Google. Padahal tujuan penulis membuat blog, tentu saja ingin tulisannya dibaca oleh sebanyak-banyaknya audiens, bukan sekedar ada di internet tetapi tidak diketahui siapapun kecuali yang telah kita beritahu alamat blog kita. Bagi pemilik blog yang paham tentang optimasi SEO website, baik secara organik maupun iklan, tentunya masih ada harapan agar tulisannya ditemukan oleh pengguna internet, tetapi bagi yang tidak paham, sepertinya harus kembali gigit jari.

Tapi tunggu dulu, rupanya saat ini tidak hanya pembuat konten video yang memiliki panggung atau platform yang bisa dinaiki oleh semua orang seperti Youtube. Para penulis juga memiliki panggung atau platform untuk menampilkan karya-karya tulisannya. Anda tinggal mencari dan memilih platform yang sangat ramai dengan pembaca.

Saat telah berada di panggung atau platform penulis, tentunya tulisan anda masih tetap harus bersaing agar ditemukan pembaca, tetapi kini persaingan anda hanya dengan sesama penulis lainnya yang memakai platform yang sama, bukan lagi dengan seluruh website yang ada di internet.

 

Inilah Platform Andalan Para Penulis Buku

1. Membantu Publikasi Tulisan, Dengan Layanan Gratis

A. Wattpad


Platform Wattpad sangat populer. Wattpad merupakan website dan aplikasi yang diluncurkan pada tahun 2006 oleh Allen Lau dan Ivan Yuen untuk para penulis dan pembaca karya tulis berbentuk novel, cerpen, puisi, atau karya non fiksi. 

Kini banyak penerbit yang menerbitkan buku dari penulis Wattpad yang populer bahkan tidak sedikit karya penulis Wattpad yang dijadikan film. 

Hingga saat ini Wattpad memiliki 100 juta cerita yang bisa dibaca secara online. Untuk membuat akun, kamu cukup registrasi dengan menghubungkan akunmu dengan Facebook atau Google+, kemudian ikuti petunjuk yang tersedia. Agar lebih mudah diakses, kini aplikasi wattpad sudah tersedia di Android dan iOS.

 

B. Storial.co


Platform Storial.co merupakan merupakan website dan aplikasi untuk para penulis dan pembaca karya tulis berbentuk novel, cerpen, puisi, atau karya non fiksi. Platform Storial.co berasal dari Indonesia untuk melahirkan banyak penulis baru. 

Storial.co bekerjasama dengan penerbit untuk mempublikasikan tulisan yang memenangkan kontes.

 

C. Penana


Platform Penana juga merupakan merupakan website dan aplikasi untuk para penulis dan pembaca karya tulis berbentuk novel, cerpen, puisi, atau karya non fiksi. Platform Storial.co berasal dari Malaysia .

Penana menyelenggarakan lomba menulis rutin yang disebut NaNoWrimo (camp khusus penulis). 

 

 

2. Membantu Penjualan Buku, Dengan Layanan Gratis


A. Google Play Book


Platform  Google Play Book membantu mempublikasikan (beberapa bagian/sampel) dan menjual buku digital anda. Harga ditentukan oleh penulis buku dan buku anda dapat dibaca melalui website atau aplikasi, jika penulis mengizinkan, buku tersebut juga bisa didownload. Platform  Google Play Book melayani semua penulis buku, baik penulis profesional atau yang bukunya telah diterbitkan oleh penerbit (buku digitalnya juga dikelola oleh penerbit) maupun penulis baru.

 

 

3. Membantu Penjualan Buku Dalam Bentuk Digital Dan Cetak (Print On Demand), Dengan Layanan Gratis 

Platform seperti ini membantu penulis buku untuk mencetak buku berdasarkan pesanan (Print On Demand). Saat pengajuan naskah, biasanya terdapat kalkulator untuk menghitung ongkos produksi dan pemilihan kenis kertas dan jenis warna cetak, penulis dapat menentukan harga jual dan nilai royalty. Pemilik platform biasanya mensyaratkan untuk membeli buku yang anda tulis sendiri, sebagai tanda persetujuan atas kualitas cetak dan konten telah sesuai dengan keinginan penulis buku. Penyedia platform seperti ini adalah :


A. Bitread.id

B. Nulisbuku.com

C. Guepedia.com

D. Dan sebagainya

 

 Trendingbisnis.com - Informasi Bisnis Online

 

 


Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis 

 

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Menyusuri Waktu 

 

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Dua Sisi 2040 

 

Al Kahfi Land

Dialog Pagi

Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Menyusuri Waktu 

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Dua Sisi 2040