Startup adalah sebuah perusahaan rintisan atau perusahaan yang belum lama beroperasi, jumlah pegawainya masih sedikit dan pendapatannya juga masih kecil. Tetapi pengertian tersebut telah bergeser, saat ini istilah ‘startup’ lebih sering diartikan sebagai perusahaan yang berkaitan dengan dunia teknologi informasi (IT) khususnya di bidang online atau internet, yang memulai bisnisnya dari bawah, jadi istilah ‘startup’ tidak lagi bicara tentang perusahaan yang umurnya masih baru.  

Alibaba Group  

Alibaba Group adalah induk perusahaan dari e-commerce marketplace fenomenal Alibaba.com. Dunia teknologi internet yang biasanya selalu didominasi oleh Amerika Serikat, kini memiliki penantang baru dari China, salah satunya adalah Alibaba. 

Keberhasilan Alibaba di kancah e commerce dunia tak lepas dari peran pemerintah China yang memaksa masyarakatnya menggunakan produk teknologi informasi (IT) dalam negeri untuk menggantikan produk-produk IT populer seperti Google, Youtube, Facebook, WhatsApp dan sebagainya. Untungnya langkah tangan besi itu tidak membawa dampak buruk, justru memacu para startup untuk membuat produk yang sekelas dengan produk IT populer dari luar negeri.

Faktor lain penyebab keberhasilan Alibaba adalah mereka mengawalinya dengan produk perdana e commerce marketplace berskala internasional. Sebagaimana yang kita tahu, pemerintah China juga telah mengenjot sektor produksi di negara mereka. Produk-produk China memang banyak di cari oleh para pedagang dari negara lain, terutama pedagang di wilayah Asia karena harganya yang murah. Awalnya produk-produk China diminati karena murah, tapi kini China bagai toko swalayan yang memiliki segalanya, mulai dari produk murah yang kualitasnya sebanding dengan harga hingga produk mahal yang tentunya memiliki kualitas yang bagus. 

Alibaba hadir seolah menjadi jembatan bagi para peminat produk-produk China dari luar negeri mereka. Alibaba memangkas segala kendala, mulai dari biaya hingga masalah bahasa.  

 

(Sumber gambar, alibabagroup.com)

 

Sejarah Singkat Alibaba

Alibaba didirikan di sebuah apartemen kecil oleh Jack Ma dan timnya di Hangzhou. Dengan modal sebesar USD 60.000, Jack Ma membuat marketplace B2B (bisnis ke bisnis) tersebut untuk memfasilitasi para pedagangan China menjual barang ke luar negeri melalui dunia online.

Jack Ma lahir dari keluarga miskin di Hangzhou. Dengan kemampuan Bahasa Inggris, di usia 12 tahun Jack Ma telah menjadi pemandu wisata di sebuah hotel di dekat Danau Hangzhou. Kemudian Jack Ma kuliah di kampus keguruan dan ilmu pendidikan  Hangzhou Normal University,  jurusan satra Inggris. Setelah lulus Jack Ma menjadi guru dan mencoba berbagai pekerjaan lain, seperti jadi karyawan di gerai Kentucky Fried Chicken. 

Jack Ma tidak menguasai komputer tetapi ia jadi sangat tertarik dengan komputer saat ia sulit mencari informasi tentang China pada mesin pencari internet. Akhirnya ia mendapat ide untuk memfasilitasi para pedagangan China menjual barang ke luar negeri melalui internet. Pada tanggal 4 April 1999, Jack Ma dan timnya yang terdiri dari 17 teman dan siswa mendirikan Alibaba.com.

 

Jack Ma, pendiri Alibaba.

 

Tahun 2000, Alibaba Group mengumpulkan dana USD 20 juta dari investor yang dipimpin SoftBank Group Corp dari Jepang. Alibaba Group membuat Taobao di tahun 2003, membuat Alipay di tahun 2004, mengambil alih operasi Yahoo! China di tahun 2005, membuat Taobao Mall (sekarang dikenal sebagai Tmall) di tahun 2008. Tahun 2013 Jack Ma mundur sebagai CEO Alibaba untuk menjadi Ketua Eksekutif Alibaba. Tahun 2014 Alibaba melakukan initial public offering (IPO) terbesar di dunia dan mampu meraup dana USD 25 miliar saat listing di bursa Amerika Serikat.

 

Pengembangan Bisnis Alibaba

1. Alibaba.com

Alibaba merupakan website ‘e-commerce marketplace grosir berskala internasional’, diluncurkan pada tahun1999. Jasa layanan pertama milik Alibaba Group ini ditujukan untuk pedagang grosir produsen pabrikan dan suplier besar yang bergerak dalam bisnis impor dan ekspor dari bermacam-macam negara (saat ini ada supplier dari 17 negara) dan pembeli di seluruh dunia (lebih dari 190 negara).

Sebagai marketplace grosir berskala internasional, website e-commerce Alibaba menggunakan Bahasa Inggris dan memakai mata uang Dolar Amerika Serikat.

 

2. 1688

1668 merupakan website ‘e-commerce marketplace grosir berskala lokal’, diluncurkan pada tahun 199 dan ditujukan untuk pedagang grosir dan pembeli di China.

Sebagai website marketplace grosir berskala lokal, 1668 menggunakan Bahasa Mandarin dan memakai mata uang Yuan China. Tetapi walaupun berskala lokal, tidak sedikit konsumen dari negara lain berbelanja di 1668 karena lebih murah (salah satunya karena pengaruh nilai tukar kurs Yuan), tetapi harap diingat, pengguna harus dapat menguasai bahasa mandarin dan konsekuensinya pengguna kemungkinan bertemu dengan pedagang grosir yang kurang profesional dan barang yang kurang berkualitas.

 

3. Taobao

Taobao merupakan website ‘e-commerce marketplace retail berskala lokal’, diluncurkan pada tahun 2003 dan ditujukan untuk pedagang perorangan atau bisnis kecil di China

Sebagai menjadi website marketplace retail berskala lokal, Taobao juga menggunakan Bahasa Mandarin dan memakai mata uang Yuan China sehingga hampir sama dengan 1668.

Walaupun sepintas mirip Taobao, tetapi keduanya memiliki perbedaannya, yaitu 1668 untuk pedagang grosir, sedangkan Taobao untuk pedagang retail.

 

4. Ant Financial

Ant Financial merupakan ‘fintech berskala lokal dan internasional’, Ant Financial memiliki berbagai jenis layanan keuangan, dan yang pertama kali diluncurkan adalah Alipay pada tahun 2004. Jasa layanan tersebut adalah :

  • Alipay

Fintech e-wallet dan jasa pembayaran online.

  • Ant Credit Pay

Fintech kartu kredit virtual yang memfasilitasi pembayaran kredit.

  • Ant Cash

Fintech layanan pinjaman konsumen.

  • Ant Fortune

Fintech manajemen keuangan.

  • Ant Insurance

Fintech jasa asuransi.

  • My Bank

Fintech bank online pribadi menggunakan cloud.

  • Zhima Credit

Fintech penilaian pengajuan pinjaman.

 

5Alimama

Alimama merupakan ‘penyedia layanan digital marketing berskala lokal dan internasional’ untuk membantu pedagang atau brand memperluas jangkauan pemasaran dan promosi mereka melalui iklan dan program afiliasi pada aplikasi dan situs web pihak ketiga, diluncurkan pada tahun 2007.

 

6Alibaba Cloud

Alibaba Cloud merupakan ‘penyedia layanan cloud berskala lokal dan internasional’ meliputi database, storage, keamanan data, analisa big data dan sebagainya bebasis cloud, diluncurkan pada tahun 2009.

 

7. Tmall

Tmall merupakan website ‘e-commerce shopping mall retail berskala lokal’, diluncurkan pada tahun 2008. Tmall ditujukan khusus untuk merchant internasional dan China yang menjual produk-produk berkualitas tinggi dan pembeli dengan pengalaman berbelanja premium di China.

Tmall menggunakan Bahasa Mandarin, memakai dan mata uang Yuan China.

 

8. Aliexpress

Aliexpress merupakan ‘e-commerce marketplace retail berskala internasional atau lokal per-negara’, diluncurkan pada tahun 2010 dan ditujukan untuk pedagang retail dan pembeli dari seluruh dunia. Pembeli di Aliexpress paling banyak berasal dari Rusia, Amerika Serikat, Brasil, Spanyol, dan Prancis.

Sebagai marketplace retail berskala internasional, Aliexpress menggunakan Bahasa Inggris dan memakai mata uang Dolar Amerika Serikat. Untuk menjangkau konsumen di masing-masing negara, Aliexpress tersedia dalam 17 bahasa, termasuk Rusia, Portugis, Spanyol, dan Prancis.

 Aliexpress hampir sama dengan Alibaba, perbedaannya adalah Alibaba untuk pedagang grosir, Aliexpress untuk pedagang retail.

 

9Cainiao Network

Cainiao Network merupakan ‘penyedia layanan logistik berskala lokal dan internasional’, diluncurkan  pada tahun 2013.

Alibaba Group mengambil peran di jasa layanan logistik karena ada hambatan logistik di China. Produk-produk China memang terkenal murah sehingga diminati pedagang-pedagang dari negara lain tetapi tanpa dukungan logistik yang mumpuni, maka ongkos kirim yang mahal serta lamanya waktu pengiriman tentunya akan menyulitkan Alibaba yang ingin menjembatani produk-produk China ke negara-negara lain. Untuk itu Alibaba membuat Cainiao untuk mengatasi masalah logistik. 

 

baca juga Penjelasan Lengkap Tentang StartupLangkah Bisnis Alibaba di Indonesia

 

Trendingbisnis.com - Media Bisnis Online  


Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Menyusuri Waktu 

Temukan di Google Play Book Buku Penting Untuk Semua Pebisnis

Era Bisnis Online - Anak Muda vs Raksasa Bisnis

Temukan di Google Play Book Novel Romantis & Religius

Al Kahfi Land - Dua Sisi 2040 

Media Islam Inspiratif

Sajadalife.com